Pasar dan Bentuk Umumnya
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.
Mungkin
sebagian besar masyarakat indonesia lebih mengetahui pasar tradisional dan
modern, padahal masih banyak bentuk pasar menurut luas jangkauan, wujud, barang
yang di perjualbelikan, waktu penyelenggaraan, dan menurut organisasinya. Yang pertama
bentuk pasar menurut luas jangkauannya yaitu pasar daerah, lokal, nasional dan
internasional. Bentuk pasar menurut wujud yaitu abstrak dan konkret. Bentuk pasar
menurut barang yang di perjualbelikan yaitu produksi dan konsumsi. Bentuk pasar
menurut waktu penyelenggaraan yaitu harian, mingguan, bulanan, tahunan dan
temporer. Dan yang terakhir bentuk pasar menurut organisasinya yaitu persaingan
sempurna dan tidak sempurna, tetapi dari tidak sempurna masih dapat di bedakan
menjadi 3 yaitu pertama pasar monopoli dan monopsoni, kedua pasar persaingan
monopolistis dan yang ketiga pasar oligoponi dan oligopsoni.
Tugas : Softskill – Notulensi Jenis- Jenis Karakteristik Pasar
Tugas : Softskill – Notulensi Jenis- Jenis Karakteristik Pasar
Nama : Bayu Setiawan
Npm : 11110364
Kelas : 2KA06
Tidak ada komentar:
Posting Komentar