Blogger

Minggu, 06 Mei 2012

Tugas Mandiri (Notulensi 1) - Teori Organisasi Umum 2

Pasar dan Bentuk Umumnya

            Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.
                Mungkin sebagian besar masyarakat indonesia lebih mengetahui pasar tradisional dan modern, padahal masih banyak bentuk pasar menurut luas jangkauan, wujud, barang yang di perjualbelikan, waktu penyelenggaraan, dan menurut organisasinya. Yang pertama bentuk pasar menurut luas jangkauannya yaitu pasar daerah, lokal, nasional dan internasional. Bentuk pasar menurut wujud yaitu abstrak dan konkret. Bentuk pasar menurut barang yang di perjualbelikan yaitu produksi dan konsumsi. Bentuk pasar menurut waktu penyelenggaraan yaitu harian, mingguan, bulanan, tahunan dan temporer. Dan yang terakhir bentuk pasar menurut organisasinya yaitu persaingan sempurna dan tidak sempurna, tetapi dari tidak sempurna masih dapat di bedakan menjadi 3 yaitu pertama pasar monopoli dan monopsoni, kedua pasar persaingan monopolistis dan yang ketiga pasar oligoponi dan oligopsoni.

    
         Tugas  : Softskill – Notulensi Jenis- Jenis Karakteristik Pasar


Nama  : Bayu Setiawan
Npm   : 11110364
Kelas  : 2KA06
          



Tidak ada komentar:

Posting Komentar