Blogger

Kamis, 01 November 2012

Luas pada Bahasa Program C


BAHASA PROGRAM C

pada postingan ini saya akan membuat luas segitiga pada bahas program C.
Penulisan dan pengeksekusian :

  
  


Perintah-perintah dasar sebelum penulisan program C dengan aplikasi terminal antara lain adalah mkdir : digunakan unuk membuat folder atau direktori baru, cd : digunanakan untuk pindah ke folder yang dituju.
pertama kali kita harus membuat folder, seperti diatas dengan nama: mkdir bayu. Setelah langkah di atas selesai ketik “cd” untuk pindah ke folder yang telah kita buat, contoh: cd bayu
Langkah selanjutnya adalah mengedit program dengan perintah “vi (namafile).c”, contoh: vi bayu.c
Setelah di vi akan didapatkan program yang tadi diketik . Untuk mengedit teks tersebut harus menekan i agar dapat menulis program. Setelah itu editlah program sesuai dengan ketentuan bahasa C. Setiap selesai menulis pada satu baris jangan lupa menekan Esc
Setelah selesai mengedit, save program dengan menekan <Shift>:wq
Setelah program ditulis kita dapat meng-compile file. Perintah untuk meng-compile file program dengan cara mengetik gcc [output] -o [input] contoh: gcc bayu.c  –o luas
jika ada yang salah dalam perintahnya, anda bisa mengeditnya lagi dengan mengetik  “vi (namafile).c”
Sekarang kamu bisa mengeksekusi program yang sudah dicompile dengan mengetik ./[output] contoh: ./luas
Input :

Baris pertama pada kode diatas disebut dengan preprocessor directive yang diawali dengan tanda ‘#’. directive terdiri dari header file yang berada dalam glibc dan digunakan oleh compiler untuk memindahkan isi dari file header ke dalam file c sehingga dapat digunakan. contohnya, pada kode diatas directive yang digunakan adalah stdio.h yang menyediakan fasilitas input dan output pada C, sehingga kita dapat menggunakan perintah “printf”.
Setiap program C memiliki fungsi main() yang berisi satu atau lebih statement yang dituliskan didalam kurung kurawal ({}).
Perintah printf digunakan untuk menampilkan hasil dari program C kelayar. Huruf f di akhir kata printf berarti formatted (terformat). Setiap string yang ingin ditampilkan dengan perintah printf harus dibuat dalam tanda petik dua (“ “)
fungsi scanf()sebagai penerima input data dari keyboard. Penentu format dalam fungsi ini pada dasarnya sama dengan yang digunakan pada fungsi printf()



Tidak ada komentar:

Posting Komentar