Blogger

Rabu, 03 Juli 2013

INNER JOIN pada SQL

JOIN kata kunci yang digunakan dalam pernyataan SQL untuk melakukan query data dari dua atau lebih tabel, yang didasarkan pada hubungan antara kolom-kolom tertentu dalam tabel ini.

Tabel dalam database sering berhubungan satu sama lain dengan kunci.


Sebuah primary key adalah kolom/field  (atau kombinasi dari kolom/field) dengan nilai unik untuk setiap baris. Setiap nilai kunci primer harus unik di dalam tabel (tidak boleh ada nilai field kuncinya sama). Tujuannya adalah untuk mengikat data bersama-sama, di meja, tanpa mengulang semua data dalam setiap tabel.



Perhatikan bahwa field/kolom "NPM" adalah kunci utama dalam tabel "bio_mhs". Ini berarti bahwa tidak ada dua baris record dapat memiliki NPM yang sama.



Perhatikan bahwa kolom/field "kd_mk" adalah kunci utama dalam tabel "nilai" dan kolom/field "kd_mk" mengacu pada table “bio_mhs”.



Pada table matkul mengacu kepada table nilai, untuk mengetahui mt_kul pada kd_mk nya.


INNER JOIN: hanya akan menampilkan baris untuk data yang memiliki nilai yang sama pada field kunci dengan tabel yang berelasi.



Pada pada gambar diatas adalah cara menggabungkan 3  tabel menjadi 1 tabel. Yaitu memanggil byang sebagai primary key untuk menyambungkan 2 tabel yaitu tabel bio_mhs dengan nilai sedangkan untuk mata kulia kita memanggilnya dengan KD_MK untuk menyambungkan tabel nilai dengan matkul, lanjutkan seperti gambar diatas. From itu untuk memasukan tabel yang digabungkan dan Where nya disitu untuk menyambungkan primary key nya supaya berfungsi menjadi 1 tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar