Blogger

Sabtu, 06 Juli 2013

Wanadri

Wanadri



Badge Wanadri
Pembentukan
16 Mei 1964 (49 tahun lalu)
Jenis
Perhimpunan atau Asosiasi
Kantor pusat
Jl. Aceh No.155 Bandung,Jawa BaratIndonesia
Wilayah layanan
Situs web
Wanadri adalah sebuah organisasi tertua yang bergerak dalam kegiatan alam bebas. Organisasi ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1964[1], dan merupakan perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung.

Sejarah
Gagasan untuk mendirikan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dicetuskan oleh sekelompok pemuda yang sebagian besar berlatar belakang pandu pada bulan Januari 1964. Perhimpunan ini kemudian diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964. Wanadri terdiri dari sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas. Wanadri lebih jauh lagi merupakan masyarakat tersendiri, yang memiliki aturan dan norma baik tertulis maupun tidak, namun semua itu berlaku dan dihormati.

Keorganisasian
Nama Wanadri berasal dari bahasa Sansekerta. Wana berarti hutan dan Adri itu gunung. Wanadri berarti gunung di tengah-tengah hutan. Visinya berdasar AD/ART adalah menajadi organisasi pendidikan untuk mendidik manusia, khususnya anggotanya untuk mempunyai nilai-nilai yang terkandung dalam hakekat dan janji Wanadri. Tujuan Wanadri Membentuk manusia yang mandiri, ulet, tabah. Mendidik anggotanya menjadi manusia Pancasilais sejati, percaya pada kekuatan sendiri.

Keanggotaan
Sifat keanggotaan dalam Wanadri ada dua, yaitu
1.     Anggota biasa, yang telah mengikuti pendidikan dasar dan program lain hingga punya nomor pokok.
2.     Anggota luar biasa, yang terjadi dari; (a) Anggota kehormatan, (b) Anggota pelindung, (c) Tenaga ahli, dan (d) Donatur.

Syarat Menjadi Anggota
Syarat bagi seseorang untuk menjadi anggota Wanadri, Pertama harus mengikuti Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) selama 1 bulan, kemudian memasuki masa anggota muda (AMW). Selama masa ini, AMW menjalankan kewajiban-kewajiban tertentu, seperti mentoring, magang pada Dewan Pengurus atau Badan Otonom yang lain, perjalanan-perjalanan kecil, mengikuti sekolah-sekolah lanjutan; Sekolah Gunung Hutan, Sekolah Tebing Terjal, ORAD (Olah Raga Arus Deras), ESAR (Extreme Search and Rescue), PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), Jurnalistik, Sekolah Manajemen Ekspedisi dan pada akhirnya AMW mampu melaksanakan sebuah Ekspedisi.


Pendidikan
Sebagai organisasi pendidikan, Wanadri menyelenggarakan pendidikan alam terbuka baik untuk anggota maupun untuk masyarakat sekitar.
·         Pendidikan Dasar Wanadri
·         Sekolah Pendaki Gunung Wanadri
·         Sekolah Search and Rescue Wanadri
·         Sekolah Pelatih Wanadri
·         Sekolah Jurnalistik Wanadri
·         Sekolah ORAD Wanadri
·         Sekolah Tebing Terjal Wanadri
·         Pengajaran dan Pelatihan Wanadri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar