Blogger

Jumat, 01 Oktober 2010

Pengrtian Ilmu Sosial Dasar ???


Pengertian ilmu sosial dasar


            Untuk menjawb berbagai persoalan dan tantangan,lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber filsfat yang dianggap ibu dari segala ilmu,ilmu dikelopokan menjadi tiga:
1.Natural Scienes (Ilmu – ilmu alam), seperti : Fisika, Kimia, Biologi Dll.
2.Social scienes (Ilmu – ilmu social), yang terdiri dari : Sosiologi, Politik, Ekonomi Dll. 3.Humanities (Ilmu – ilmu budaya), contohnya : Agama,. Bahasa, Kesenian, Kesuastraan.
            Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan menelaah masalah – masalah social, khusus nya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian – pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu social seperti : Sejarah, Ekonomi, Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi,Psikologi Sosial. Tujuanya adalah agar Mahasiswa menyadari kenyataan sosial dan masalah sosial yang ada di masyarakat, peka terhadap masalah sosial, dan tanggap untuk ikut serta dalam menanggulanginya. Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial Adalah : 1.Keduanya merupaka bahan Studi untuk program Pendidikan.
2.Keduanya bukan disiplin Ilmu yang berdiri sendiri.
3.Kedunya mempunyai materi yang memiliki kenyataan sosial dan masalh sosial.
            Sedangkan perbedaanya adalah :
1.Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk Sekolah lanjutan).
            Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah – masalah Sosial, untuk dapat menelaah masalah sosial hendaknya kita mengidentifikasi kenyataan Sosial dan memahami sjumlah konsep sosial tertentu. Dengan demikian Ilmu Sosial Dasar dibedakan astas tiga golongan, Yaitu :
1.Kenyataan – kenyataan Sosial yang ada dalam Masyarakat, yang secara bersama – sama merupakan masalah Sosial tertentu.
2.Konsep – konsep sosial atau pengertian pengertia tentang kenyataan – kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah – masalah Sosial.
3.Masalah – masalah Sosial yang timbul dalam Masyarakat, biasanya telibat dalam bebagai kenyataan sosial yang antara satu dan lainya saling berkaitan.
Ruang Lingkup
Ruang lngkup dalam Ilmu Sosial Dasar adalah ruang lingkup yang mencangkup kehidupan sosial dan masyarakat. Seperti berbagai macam kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat serta berbagai hal mengenai kanyataan sosial dan masyarakat.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan dari kajian Ilmu Sosial Dasar ini ialah untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dalam masyarakat dan masalah sosial dalam masyarakat merupakan masalah yang kompleks. Serta untuk menjadikan mahasiswa peka terhadap masalah sosial dan tanggap dalam penaggulangannya.
Fungsi Ilmu Sosial Dasar
Fungsi ilmu sosial dasar adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.


Sumber :
http://azenismail.wordpress.com/2009/11/17/pengrtian-ilmu-sosial-dasar%E2%80%A6/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/ilmu-sosial-dasar-16/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar