Blogger

Rabu, 12 Oktober 2011

MEMBERSIHKAN BUSI

MEMBERSIHKAN BUSI
          Kita sering melupakan salah satu bagian motor kita yang sangat penting keperluannya, dia adalah BUSI. Meski bentuknya kecil, benda yang satu ini memilki fungsi yang besar. Bahkan, jika busi rusak, motor kita bisa-bisa tidak akan dapat digunakan. Busi yang paling bagus adalah percikan yang di keluarkan berwarna biru, biasanya yang busi ber iridium.

          Fungsi busi sebagai alat untuk memercikan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang pembakaran. Percikan api ini berasal dari ignition coil, kelistrikan sangat penting, tanpanya mesin tak akan bekerja. Supaya mesin bekerja dengan prima, kita di wajibkan untuk membersihkan busi dari kotoran dan sisa pelumas.

           Pertama, lepaskan busi dengan kunci busi atau biasanya pakai kunci T16, lalu lihat keadaan busi anda, jika busi kering dan berwarna abu-abu bertanda kondisi pembakaran motor anda masih berjalan dengan baik. namun, jika busi terlihat basah oli dan berwarna kehitaman, artinya pembakaran mesin motor anda berjalan kurang sempurna.

          Kedua, periksa keadaan pernagkat businya, seperti lubangnya di bersihkan dari kotoran dengan kain, cek kondisi penutup busi, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak, bersihkan dengan di tiup saja supaya kotoran di dalamnya keluar. Lalu, bersihkan pala busi dengan amplas halus atau dengan sikat kawat.

          Ketiga, bila mau mudah dalm pengerjaan, ambil bensin lalu celupkan busi tersebut, supaya kotoran yang ada pada ngangkat, lalu keringkan dengan kain bersih.

          Keempat,  periksa jarak antara elektroda positif yang bulat dan negatif yang melengkung di atas positif. Lalu kembalikkan posisi normal dengan lihat buku petunjuk, atau dengan perkiraan saja supaya positif dan negatif tidak terlalu jauh.

          Kelima, setelah busi dibersihkan, masukkan kembali busi pada tempatnya dengan hati-hati, jangan memasang busi terlalu keras, jika ingin dilepas kembali slek atau ulirnya tidak sejalur bisa-bisa mesin anda di bongkar semua untuk memperbaiki lubang businya.

          Keenam, rajin-rajin lah untuk membersihkan busi, karena untuk mengoptimalkan pembakaran motor anda sendiri.


Sekian pembahasan tentang busi, semoga pada edisi yang lain saya bisa posting kembali, terima kasih atas kunjungannya.


 BAYU SETIAWAN              11110364




Tidak ada komentar:

Posting Komentar