Blogger

Jumat, 18 Januari 2013

Berat Badan Melonjak Saat Musim Hujan? Hindari Makanan Ini!


Musim hujan selalu menghambat aktivitas rutin Anda. Olahraga rutin pun jadi ikut terbengkalai karena cuaca yang dingin hingga menyebabkan timbulnya rasa malas dan selalu merasa lapar. Alhasil berat badan akan merangkak naik.

Sebenarnya dalam keadaan cuaca dingin sekalipun Anda tidak perlu menahan lapar. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi, agar berat badan tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. Untuk menyiasati hal tersebut ganti makanan berikut dengan alternatif yang lebih sehat.

Roti putih
Meski terbuat dari gandum, namun warna putih pada roti ini ternyata berasal dari gandum yang telah dikupas sehingga nilai gizinya rendah. Karena kandungan serat yang minim, menyebabkan karbohidrat pada roti ini mudah diubah menjadi gula. Tidak hanya berat badan saja yang naik tapi juga menimbulkan rasa kembung pada perut.

Roti gandum bisa menjadi pengganti roti putih. Kandungannya kaya gizi dan serat karena terbuat dari gandum utuh. Meski rasa dan teksturnya tidak seenak roti putih, roti gandum akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Gula Pasir
Ini adalah sumber pengacau diet Anda. Gula pasir dapat menurunkan energi tubuh sehingga Anda akan merasa malas untuk beraktivitas. Akibatnya berat badan terus bertambah. Ganti rasa manisnya dengan buah-buahan segar, kalau bisa pilih yang organik.

Gorengan
Rasanya memang enak apalagi karena digoreng dengan minyak sawit yang telah dipakai berulang kali. Tetapi kesehatan Anda menjadi taruhan. Meski tinggi kalori, namun penganan ini sama sekali tidak bernutrisi.
Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun, dan proses dengan memanggang atau merebusnya. Gunakan garam secukupnya sebagai penambah rasa. Kudapan Anda tidak hanya mengenyangkan tapi juga sehat bagi tubuh.

Nasi Putih
Nasi putih juga minim nutrisi seperti roti putih. Karena indeks glikemik yang tinggi membuat nasi putih cepat menyimpan energi yang tidak digunakan menjadi lemak.
Teksturnya yang kasar memang mengurangi nafsu makan Anda. Namun bukan karena teksturnya saja yang akan menjaga berat badan tapi nasi merah juga memiliki kandungan serat 3 kali lebih banyak dari nasi putih. Hasilnya Anda akan cepat merasa kenyang sehingga akan menghabiskan porsi yang sedikit.

Saus salad kaya akan krim
Memakan salad memang baik untuk tubuh karena terdiri dari sayuran berwarna hijau, merah, dan kuning yang terbukti memiliki kandungan serat yang tinggi. Tapi hindari saus yang creamy alias banyak krimnya seperti mayonnaise dan thousand island. Pasalnya saus ini mengandung lemak dan ratusan kilo kalori yang akan menumpuk menjadi lemak di tubuh.

   Balsamic vinegar bisa menjadi alternatif pengganti saus yang creamy. Untuk menambahkan rasanya beri perasan lemon, garam, merica, dan sedikit minyak zaitun. Salad Anda akan tersaji dengan lemak dan kalori yang rendah, dan tepat sekali untuk disantap saat musim hujan.

sumber : Melinda Hospital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar