Blogger

Jumat, 18 Januari 2013

Safety Riding Selama Musim Hujan

Safety riding atau berkendara yang aman di musim hujan seperti sekarang ini memang sangat penting. Berapa banyak kecelakaan terjadi akibat kelalaian pengendaranya. apa lagi mecelakakan orang lain yang sudah mentaati peraturan.
Oke kali ini saya akan kembali memberikan beberapa tips berkendara yang aman. check this out .

1. Periksa Kondisi Kendaraan
Satu hal yang paling vital di kendaraan anda adalah rem, cek rem anda sebelum berangkat kerja atau ngampus     , karena rem sangat bekerja maksimal di saat musim hujan seperti ini. lalu cek lampu, cek kondisi ban dari tekanan angin dan masih bagus atau tidak ban anda,  dan masih banyak lagi .

2. Siapkan Peralatan Pendukung
Peralatan pendukung disini seperti helm yang ber SNI dan jangan lupa membawa jas hujan bagi pengguna kendaraan roda dua. bagi berkendara roda empat janga lupa menggunakan sabuk pengamannya.

3. Jaga Kecepatan dan Jarak
Jaga kecepatan anda saat hujan dan jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan yang lainnya. untuk mengantisipasi kalau ada rem mendadak dari kendaraan yang berada di depan anda. Selain itu angan melakukan atraksi zig-zag di jalanan.

4. Hati-Hati Pada Genangan Air
Kurangin kecepatan anda di saat melintasi genangan air, di karenakan kita tidak tau lubang yang berada di genangan air tersebut dan kedalaman lubang tersebut. maka berhati-hati lah di saat melintasi genangan air di jalan saat hujan.

5. Patuhi Rambu-Rambu Lalu-Lintas
Selalu patuhi peraturan lalu-lintas dimanapun kita berada. Sekali lagi pelanggaran tidak hanya merugikan kita namun juga orang lain.

6. Berdoa Sebelum dan Sesudah Sampai Tujuan
Ini sangat penting, kadang kita melupakan hal ini. Jadi saran saya jangan lupa meminta perlindungan dari Tuhan saat berangkat dan jangan lupa bersyukur setelah sampai tujuan dengan selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar